Senin, 14 Januari 2013

Membuat Jaringan Sederhana Antar Laptop


    Pada kali ini saya akan membahas tentang cara Membuat Jaringan wireless yang sederhana antar laptop, terlebih dahulu kita ketahui apa itu jaringan komputer?, sebenarnya tidak jarang lagi bagi kita dengan kata-kata tersebut. Langsung saja saya bahas tentang jaringan komputer tersebut. Jaringan komputer adalah suatu hubungan antara dua buah computer ataupun lebih melalui transmisi kabel ataupun nirkabel (wireless) untuk berbagi pakai hardware,software ataupun dalam hal berbagi kekuatan pemrosesan dalam suatu aktivitas. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari 2 unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
Dua komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya saling dapat berbagi ataupun  bertukar informasi, resource, dan menggunakan software atau hardware yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Untuk Membuat Jaringan wireless yang sederhana antar laptop tersebut, setidaknya kita membutuhkan minimal 2 buah laptop/komputer yang memiliki wireless.  Langsung saja kita akan membahas langkah-langkah membuatnya:

A.    Membuat Jaringan Wireless
1.    Buatlah sebuah jaringan wireless pada salah satu laptop yang bertindak sebagaii server, untuk membuat jaringan wireless tersebut, klik kanan icon Networking yang ada pada icon taskbar dan pilih “Open Network and Sharing Center”


2.    Lalu Pilih “Manage Wireless network”  seperti gambar berikut ini.



3.    Klik “Add” ntuk menambahkan jaringan wireless yang baru, setelah itu pilih “Create an ad hoc Network”

4.    Pada Kotak dialog seperti yang tampil dibawah ini, klik saja Next

5.    Lalu isikan “Network Name” dengan  nama jaringan wireless yang akan dibuat, dan pilih “security type” yang diinginkan apakah akan memakai sebuah password atau tidak, jika menggunakan sebuah password pilih WEP atau WPA2-personal, dan pada secutiry key, isikan dengan password yang diinginkan apabila security type yang dipilih WEP atau WPA2-personal.

6.    Selanjutnya akan ditampilan nama jaringan wireless dan password dari jaringan wireless tersebut

7.    Pada  windows “Manage Wireless network”  akan ditampilkan jaringan wireless yang telah dibuat.

8.    Maka Jaringan wireless telah selesai dibuat,

B.    Konfigurasi IP Address pada Laptop A
1.    selanjutnya kita akan mengkonfigurasi IP address (pengalamatan dari sebuah PC), klik kanan icon Networking yang ada pada icon taskbar dan pilih “Open Network and Sharing Center”

2.    Pilih “Change Adapter Setting”

3.    Lalu klik kanan “Wireless Network Connectio” untuk mengkonfigurasi IP address pada wireless dan pilih “Properties”

4.    Pilih “Internet Protocol Version 4” karena IP yang akan dikonfigurasi adalah IP versi 4

5.    Lalu masukkan settingan IP address yang diinginkan asalkan pengkonfigurasiannya benar, misalnya seperti IP address saya di bawah ini:




C.    Settingan IP Address pada Laptop B
1.    Sebelum melakukan settingan pada Laptop B, terlebih dahulu koneksikan LaptopB ke jaringan wireless “Emperor”  yang telah dibuat oleh Laptop A sebelumnya. Klik icon networking pada taskbar dan cari nama wireless yang telah dibua tadi dan klik “Connect”.

2.    Dan masukkan security key/password yang telah disetting pada Laptop A

3.    Untuk melakukan settingan IP address pada Laptop B sama dngan settingan IP addrees dengan Laptop A, samakan angka IP addressnya, tetapi untuk angka yang terakhirnya harus dibedakan. Subnetmask nya sama.

sebelumnya klik Connect pada Laptop A


D.    Mematikan Firewall
 1.    Agar antar PC dapat terkoneksi/terhubung, terlebih dahulu matikan settingan Firewall yang ada pada masing-masing PC
2.    Masuk ke windows “Network and sharing” seperti yang tadi, dan pilih “windows Firewall”

3.    Dan pilih “Turn windows firewall on or off”

4.    Dan centang “turn off windows firewall” pada kedua settingan seperti gambar berikut,


E.    Menguji Koneksi Laptop A dengan Laptop B 
1.    Tekan tombol Windows + R untuk masuk ke windows RUN, dan ketikkan “cmd”

2.    Lakukan test koneksi dengan Laptop A pada IP address miliknya sendiri dengan mengetikkan perintah “ping 150.100.100.3”, jika hasilnya seperti gambar dibawah menyatakan “Reply from.........” berarti sudah terkoneksi

3.    Lakukan juga test koneksi dengan Laptop A pada IP address milik Laptop B dengan mengetikkan perintah “ping 150.100.100.5” (150.100.100.5 adalah Ip address pada Laptop B)


F.    Sharing File
1.    Sharing file adalah saling berbagi software ataupun hardware seperti printer. Misalnya kita akan mensharing sebuah folder dari Laptop B  dan akan di lihat dari Laptop A
2.    Klik kanan folder yang akan di sharing  Share with  Special People

3.    Klik tanda panah bawah, dan pilih “Every One” dan klik Add.  Setelah itu klik “Share”

4.    Dan akan tampil folder yang akan di sharing, lalu klik “Done”

5.    Untuk melihat hasil sharing folder tersebut Masuk ke windows Explorer dan pilih Network, maka akan tampil PC dari Laptop A dan Laptop B, dan pilih pc dari laptop B untuk melihat file yang di sharing dari laptop B tersebut,

6.    Maka akan tampil folder yang telah di sharing dari laptop B


Sekian Penjelasan dan rincian tentang cara membuat jaringan wireless sederhana antar PC ini, semoga dengan adanya artikel seperti ini dapat menambah wawasan anda dan dapat membantu anda dalam berbagi file tanpa menggunakan flashdisk,  see you next time.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar